Musim
sudah memasuki musim hujan, cuaca juga sedang tidak stabil. Kadang
hujan lebat, gerimis atau malah panas ama sekali. Untuk mengantisipasi
keadaan tersebut Gilamotor mau mengingatkan tips-tips yang harus di
ingat untuk menjaga kesehatan motor di musim hujan.
1. Ban
Yang
pertama diperhatikan adalah tekanan angin. Sesuaikan tekanan angin ban
motor dan jangan biarkan ban motor kekurangan angin. Hal ini untuk
menjaga stabilitas motor saat jalanan basah.
Kedua
adalah jalur ban. Bila jalur ban sudah tipis atau gundul, maka Bikes
mesti menggantinya. Karena tipisnya ban akan berakibat fatal dan laju
motor menjadi licin.
2. Kampas rem
Di musim
hujan, daya cengkram kampas rem akan berkurang karena basah. Jika
kampas rem sudah menipis, segeralah ganti kampas rem. Jangan dibiarkan
kampas rem yang tipis karena bisa menimbulkan kecelakaan saat melakukan
rem dadakan. Dan jangan lupa untuk membersihkan rem setelah berpergian
disaat hujan karena air hujan yang menerobos ke kampas menyebabkan
kurangnya daya pengereman.
3. Rantai
lumasi
rantai yang telah terkena hujan agar tidak cepat kering dan aus.
Sedikit demi sedikit, air hujan akan menyusutkan pelumas di rantai.
Secara tidak langsung, air hujan bisa mengkikis pelumas di rantai dan
bisa menyebabkan rantai kering. Lakukan kembali pengencangan rantai
karna disaat hujan tanpa disengaja melewati jalan berlubang yang
tergenang air.
4. Busi
Pastikan busi Bikes tertutup dengan benar oleh kepala busi. Kepala busi berfungsi sebagai pencegah
masuknya air kala hujan atau saat jalan terendam banjir.
5. Saluran Bahan Bakar & Karburator
Guyuran
air hujan membuat udara yang tersedot ke ruang mesin mengandung uap dan
butiran air yang menyebabkan pembakaran motor menjadi tidak sempurna
dan mesin akan brebet.
Uap air tersebut juga akan menyesaki tangki, keran, pipa, atau selang bakar bakar yang dapat menyebabkan karat. Jadi
seringnya motor dikendarai disaat hujan segeralah lakukan pengecekan
berkala secara keseluruhan karna dampak kedepannya akan sangat tidak
baik dan dana yang akan dikeluarkan nantinya akan lebih besar.
Dan
untuk karburator, sering lakukan pengecekan jangan sampai ada air yang
masuk ke dalam ruang karbu serta selalu pakai box filter untuk mencegah
masuknya air.
6. Oli Mesin
Sangat
mungkin butiran air masuk ke dalam bagian mesin namun orang banyak yang
tidak sadar. cek selalu kondisi oli setelah berpergian karna air bisa
saja masuk disela-sela lubang.
liat kondisi oli,
jika ada warna bintik putih susus berarti oli sudah terkontaminasi oeh
ari. Sebaiknya segera ganti dengan yang baru agar kondisi mesin juga
baik-baik saja dan tetap melakukan pembakaran dengan sempurna.
Sumber : http://goo.gl/Lpp9i
0 komentar:
Posting Komentar